DETECTION FIRE ALARM SYSTEM

Spesialis Fire Alarm System Indonesia

DETEKSI DINI BAHAYA KEBAKARAN

Sebagai fokus utama dari penanggulangan kebakaran, yang harus Anda lakukan adalah tindakan pencegahan. Pendeteksian dini dari bahaya kebakaran haruslah menggunakan sistem deteksi otomatis yang bekerja cepat. Setiap detik, perangkat harus selalu bekerja efektif untuk menemukan indikasi terjadinya kebakaran, dengan memberikan peringatan perlindungan dini dari bahaya kebakaran.

INDOREED dapat membantu Anda sepenuhnya untuk mendesain, menyediakan material equipment, pemasangan dan pengujian pada sistem keselamatan kebakaran Anda, serta layanan perawatan pelbagai sistem alarm kebakaran milik Anda.


SISTEM INSTALLASI FIRE ALARM

Fire Alarm System memiliki 3 (tiga) pendekatan metode installasi yang perlu diketahui sebagai wacana, efektifitas, dan agar fungsinya tepat sasaran, sehingga akan lebih mempermudah Anda dalam mengatasi situasi darurat ketika terjadinya indikasi kebakaran. Dan juga untuk efisiensi manajemen pembiayaan yang menyangkut dari sisi finansial perusahaan Anda. Perusahaan Anda cukup membayar sesuai dengan apa yang dibutuhkan, bukan apa yang disarankan.

Sebagai contoh, Anda akan kami berikan gambaran seperti berikut :
Pada bangunan hotel mewah bertingkat tinggi yang terdiri dari puluhan lantai dan ratusan kamar. Lalu dalam satu lantai hotel tersebut memiliki 60 kamar dan masing-masing kamar tersebut terpisah menjadi 4 bagian, utara, selatan, barat, dan timur yang dipisahkan oleh mazanine seperti lounge, dan jalan menuju kamar diakses melalui jalur koridor.

Tiap-tiap kamar, lounge dan koridor, masing-masing dipasang detector. Kamar bagian utara, kamar no. 100-115, selatan 116-130, barat 131-145, dan timur 146-160, begitu selanjutnya hingga ke lantai-lantai berikutnya. Dan tiap-tiap lantai kita asumsikan sebagai zone, misal lantai 1 adalah zone 1.

Bagaimana salah satu dari ketiga sistem Fire Alarm ini bekerja?

1. SYSTEM CONVENTIONAL

Dengan sistem konvensional, tidak ada cara untuk penentuan lokasi yang tepat dari detector mana sumber indikasi tersebut berada. Anda hanya mengetahui dari zona berapa indikasi tersebut berada. Jadi, jika asap atau indikasi kebakaran dilaporkan dari lantai 5 atau zona 5, Anda hanya akan sekedar tahu bahwa, asap atau indikasi kebakaran ada di salah satu area atau salah satu kamar di lantai lima. Anda tidak akan tahu persis di kamar nomor berapa yang terindikasi asap atau indikasi kebakaran, kecuali Anda menggeledah satu persatu tiap-tiap kamar di lantai 5 tersebut.

Dengan Alarm Conventional System, setiap detector/perangkat yang terhubung ke kontrol panel menggunakan metode installasi kabel seri. Yang mana salah satu ujung kabel akan terhubung ke kontrol panel dan satu ujung kabel lagi terhubung ke perangkat satu dengan yang perangkat lainnya yang akan diakhiri dengan EOL (End of Line) berupa Resistor.

2. SYSTEM ADDRESSABLE

Setiap perangkat (detector) yang terhubung ke Addressable System memiliki alamat yang unik. Misal U-604, itu adalah alamat detector yang terletak di zone 6 atau di lantai 6, kamar nomor 604, tepatnya di bagian Utara. Ketika asap/indikasi adanya api terdeteksi, alamat detector tersebut akan muncul pada layar kontrol panel utama dan menampilkan dengan tepat alamat detector mana yang telah aktif mendeteksi adanya asap. Ini akan memungkinkan Anda untuk menemukan lokasi yang tepat dari api dan segera mengatasinya dengan cepat.

Alarm Addressable System menghubungkan perangkat menggunakan sistem loop. Dimana salah satu kabel menghubungkan semua detector dan perangkat ke Control Panel. Kedua ujung kabel nge-loop terhubung ke panel kontrol.

3. SYSTEM SEMI-ADDRESSABLE

System ini merupakan paduan dari kedua system di atas. Yup, gabungan antara System Conventional dan System Addressable. Jika di atas kita diberi gambaran mengenai cara kerja detector yang terpasang di tiap-tiap kamar, sekarang bagaimana halnya dengan sistem kerja detector yang terpasang di koridor? Jika pada System Addressable, 1 alamat unik diberikan untuk 1 detector di masing-masing kamar.

Maka pada System Semi-Addressable ini, gabungan dari beberapa unit detector akan kita berikan 1 alamat unik. Misal, pada koridor hotel lantai 5 bagian Utara dipasang 10 detector, maka 10 detector tersebut akan dirangkap dan dijatah 1 alamat unik, misal L5-KU. Jika salah satu dari ke-sepuluh detector tersebut mengindikasi asap/api, maka alamat tersebut akan muncul pada layar kontrol panel utama. Yang menandakan bahwa, asap atau indikasi kebakaran ada di lantai 5, tepatnya di sepanjang koridor bagian Utara.


MANA YANG DAPAT DIANDALKAN

Addressable System dinilai lebih handal dibandingkan dengan Conventional System. Hal ini karena kedua ujung kabelnya terhubung kembali ke kontrol panel. Jadi, jika salah satu ujung loop terputus, tegangan arus masih bisa connect ke kontrol panel melalui ujung loop sisi lainnya. Modul isolasi lingkaran juga digunakan untuk memisahkan perangkat pada loop. Ini berarti bahwa jika salah satu perangkat rusak/terputus, hal tersebut tidak akan menonaktifkan sirkuit yang terpasang.

Beda halnya dengan sistem konvensional. Jika salah satu kabel terputus, maka perangkat/detector juga akan menjadi terputus.

Overall

Secara fungsional, Fire Alarm Addressable System jauh lebih unggul, karna akan terhindar dari kerugian yang mahal dan mampu menghemat waktu ketika mendeteksi api. Dan ini lebih murah dan lebih mudah dalam pemasangannya.

Namun dari segi harga produk & equipment, sistem konvensional lebih hemat, dan cukup untuk mengcover kebutuhan fungsional tempat yang tidak terlalu luas dan banyak ruang, dimana tidak diperlukannya sistem yang canggih.


SISTEM INTEGRASI FIRE ALARM

Sistem deteksi kebakaran, memberikan peringatan jika mengindikasi adanya potensi kebakaran, yang mana Anda masih sempat dengan aman untuk mengevakuasi orang-orang yang masih berada di dalam gedung Anda. Sistem alarm deteksi kebakaran yang dimiliki Chubb, dapat Anda integrasikan dengan berbagai fasilitas yang Anda dimiliki. Seperti Blower, Exhaust Fan, Air Conditioner, Lift, Eskalator, dll.

Jadi, saat dalam situasi darurat, setelah operator keamanan mengkonfirmasi adanya indikasi kebakaran dari panel kontrol, semua Lift yang ada di gedung Anda akan otomatis turun hingga ke lantai dasar. Begitu juga dengan Eskalator.

Exhaust Fan, AC, dan blower juga akan mati secara otomatis selama terjadinya proses evakuasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menekan kadar oksigen yang ada di dalam gedung. Dikarenakan api dapat terus menjalar dan membesar salah satu faktornya adalah karena adanya supply oksigen yang cukup.

chubb-indoreed

Info Layanan

Saatnya bebas berkonsultasi mengenai petunjuk keselamatan kebakaran, efisiensi pemilihan produk fire safety, yang didukung oleh tim ahli dan spesialis engineer terbaik kami, guna memenuhi International Standard NFPA (National Fire Protection Association).

Telephone

+62 (21) 2988-8363
+62 (21) 3311-1141

Faximile

+62 (21) 2988-8201


Front Office

DBS Bank Tower, Ciputra World One
Jl. Prof. Dr. Satrio, Kav. 3-5, 28th Floor.
____________ Jakarta Selatan - INDONESIA 12940

Marketing Office & Warehouse

Jl. Panti Asuhan Raya No. G1-G2
Jurangmangu Barat, Pd. Aren Bintaro
____________ Tangerang Selatan - INDONESIA


Email


Website

www.indoreed.id

Join now and download william hill casino softwere - wbetting.co.uk